Manfaat Rawat Gabung Untuk Ibu Yang Melahirkan

 

 

Setelah seorang ibu melahirkan bayinya di rumah sakit , biasanya mereka di rawat di ruang yang terpisah . Untuk itulah alangkah baiknya jikalau mereka berdua di rawat di satu ruangan . Istilahnya rawat gabung . Karena dengan rawat gabung ini mempunyai dampak dan manfaat yang sangat penting bagi ibu dan bayinya , sesaat setelah proses melahirkan terjadi . Nah , apa saja manfaat rawat gabung ini ?

Di bawah ini beberapa manfaat dari ” rawat gabung ” antara ibu dan bayi , yaitu di antaranya :

  • Rawat gabung ini memungkinkan proses bonding ,  di mana Ibu akan segera mempelajari tingkah laku bayinya . Kalau nangisnya begini itu menandakan lapar , kalau nangisnya begini itu pipis , dan lain sebagainya
  • Selain itu dengan hanya dirawat di satu ruangan yang sama, maka akan menurunkan biaya. Peralatan yang digunakan pun lebih minimal.
  • Mempercepat  terlaksananya proses  menyusui , serta menurunkan infeksi dan tidak ada tambahan tenaga karena keduanya ada di ruangan yang sama .
  • Perlu di ingat seorang  ibu yang baru saja melahirkan juga harus memberikan ASI kepada bayinya sambil duduk. Sebab bisa jadi saat memberikan ASI dalam posisi tidur , ibu bisa jadi ketiduran . Nah , jika ibunya ketiduran , bayi yang masih sangat kecil pernapasannya tertutup payudara ibu maka bisa terjadi hal yang tidak diinginkan dan bisa membahayakan si bayi . Sebab bayi belum mempunyai respon pada saat hidungnya tertutup payudara ibunya .
  • Rasa mengantuk pada ibu yang sedang memberikan ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin. Inilah hormon yang membantu produksi ASI. Dengan adanya hormon ini ibu akan merasa lebih rileks sehingga mudah mengantuk. Umumnya hormon prolaktin lebih banyak dibentuk pada saat malam hari.

Semoga artikel di atas bisa membantu ibu – ibu lebih bijaksana dalam melaksanakan persalinan .

Dalam kategori: Kesehatan Ibu & Anak

Tags:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.